6 Tahap Membuat Lagu Sendiri

Diposting pada

Memang banyak orang yang menilai bahwa orang yang menciptakan lagu itu kudu bisa memainkan alat musik gitar atau piano. namun sebetulnya itu salah besar, banyak pencipta pencipta lagu yang bisa membawa dampak lagu yang nge-hits namun tidak bisa memainkan alat musik.Semua orang tentu bisa membawa dampak lagu sendiri terkecuali mempunyai kegigihan dan permintaan yang kuat ingin membawa dampak lagu sendiri.

Menciptakan lagu itu sebetulnya tidak mengenal umur yang muda sampai yang tua bisa menciptakan lagu yang bagus, biarpun kudu kerja keras untuk membawa dampak suara suara yang indah untuk membawa dampak lagu yang enak di dengar

Membuat lagu juga kudu mempunyai tahapan tahapan sebagai selanjutnya sehingga membawa dampak lagu lancar dan tidak menemui masalah.

Tahap #1 – Mencari Nada

Tahap ini terlampau mutlak didalam membawa dampak lagu dikarenakan step mencari atau membawa dampak suara adalah perihal yang terlampau berarti didalam sebuah lagu.

Agar bisa ringan mengarang lagu sesuai permintaan kawan akrab diwajibkan mendengarkan banyak lagu dari lebih dari satu genre yang berlainan seperti pop, rock, Japanese Rock, melayu, reggae, bisa juga heavymetal.

Itu terlampau mutlak dikarenakan terkecuali kawan akrab mendengarkan banyak lagu kawan akrab bisa menemukan suara yang tepat untuk lagu yang sobar ciptakan, tatapi jangan sampai kawan akrab meng-copy pastekan lagu orang lain ke lagu yang kawan akrab ciptakan dikarenakan itu bukan menciptakan namun menjiplak lagu orang lain. setidaknya kudu menjunjung hasil karya orang lain.

Selain itu sobar bisa pakai alat musik yang bisa kawan akrab mainkan, contohnya gitar kawan akrab bisa memetik-metik senar gitar sehingga menemukan suara yang enak di dengar.

Tahap #2 – Membuat Lirik

Lirik merupakan sebuah kata kata yang menceritakan tema lagu tersebut. bisa di bayangkan terkecuali lagu tanpa lirik cuma bersifat suara artinya lagu selanjutnya tidak mempunyai tema.

Membuat lirik lagu sebetulnya bisa di lakukan dari awal membawa dampak lagu lantas lantas membawa dampak nadanya. namun saya disini menyebutkan membawa dampak lirik lagu sesudah terbentuknya nada.

Lirik lagu bahasanya kudu ringan dipahami oleh banyak orang dikarenakan lirik sifatnya menyebutkan kepada orang berkenaan isikan lagu tersebut.

Sobat kudu banyak kerap kerap membaca atau mendengarkan lirik lirik lagu yang menurut kawan akrab bagus dikarenakan itu terlampau berguna bagi sobar sehingga membawa dampak lirik yang indah dan baik bersama dengan ejaan yang prima dan pas.

Bahasa lirik lagu juga bisa di padukan bersama dengan bhs lain, sebagai umpama lirik lagu bhs indonesia di selipkan liriknya ada yang berbahasa inggris, china, jepang dll. terkecuali kawan akrab menguasai bhs tersebut.

Lihat Juga : Lagu Baru In

Tahap #3 – Menentukan Judul

Tips membawa dampak judul yakni ringan di ingat dan unik, dikarenakan itu dapat membawa dampak para pendengar penasaran bersama dengan judul selanjutnya dan ingin mendengarkan lagu yang kawan akrab ciptakan.

Dalam membawa dampak lagu juga kudu diperhatikan bersama dengan tema lagu didalam lirik, judul lagu bisa di ambil dari lirik umumnya dari awalan reff, namun bisa juga dari karangan kita sendiri asalkan masuk didalam tema lagu tersebut.

Tahap #4 – Mencari Chord

Mencari Chord sebetulnya sedikit susah bagi orang yang tidak memahami suara dasar sebuah chord, menjadi terkecuali kawan akrab bisa membawa dampak langkah langkah dia atas bersama dengan baik lantas pada anggota mencari chord sedikit susah minta bantuanlah pada orang yang sudah menguasai suara suara chord.

Pada langkah pertama carilah suara dasar pada lagu yang kawan akrab ciptakan, mencari suara dasar kudu pakai feeling yang kuat sehingga suara yang di hasilkan bisa tepat bersama dengan lagu, lantas lihatlah table di bawah ini.

Nada Kunci Dasar C Kunci Dasar D Kunci Dasar E Kunci Dasar F Kunci Dasar G Kunci Dasar A Kunci Dasar B
1, 3, 5 C D E F G A B
2, 7, (5) G A B C D E F#
4, 6, (i) F G A Bb C D E
6, 1, (3) Am Bm C#m Dm Em F#m G#m
2, 4, (6) Dm Em F#m Gm Am Bm C#m
5, 7, (3) Em F#m G#m Am Bm C#m D#m

*  Patokan nada yang diberi tanda “()” adalah patokan nada pilihan atau optional

*  Utamakan pemakaian kunci major

*  Gunakan kunci minor untuk menopang karakteristik dari lagu

*  Penggunaan kunci gitar tak hanya yang ada dalam tabel sangat memungkinkan

*  Penggunaan patokan nada lebih tepat digunakan terhadap nada sopran dan bass dari sebuah lagu

Jika udah mengerti nada dasarnya selanjutnya sobar melacak chord yang lainnya, semisal di table di atas. kecuali nada dasarnya C maka chord yang lainnya tentu di kisaran C, G, F, Am, Dm, dan Em. tapi tidak ada patokan sebab lagu mampu bermacam macam nadanya walaupun tidak cocok dengan table di atas tapi chord yang dihasilkan seirama dengan nada terhadap lagu tertu saja itu bisa, asalkan nada dan chord yang dihasilkan sedap di dengar.

Tahap #5 – Membuat Melodi

Melodi sangatlah mutlak dalam sebuah lagu dan memilih ciri khas dari lagu tersebut, melodi terhadap dasarnya ikuti nada dan sedikit di tambahkan melodi melodi agar terdengar khas, tapi banyak gitaris gitaris yang mampu membuat melodi yang rumit dan sedap di dengar.

Membuat melodi sesungguhnya sangat sukar bagi para pemula tapi mampu dilaksanakan dengan cara berlatih secara rutin dan mengerti nada nada terhadap senar dari tiap tiap kolom gitar.

Tahap #6 – Menentikan Aransemen Musik

Aransemen musik banyak macamnya dari merasa lagu slow hingga lagu yang nge-beat tapi banyak lagu yang mengkombinasikan antara slow dan nge-beat sebagai contoh Ciri khas Lagu Avenged Sevenfold yang kental dengan heavymetal dipadukan dengan classik rock.

Cara membuat aransemen lagu yang baik yaitu dengan mengerti isikan lagu tersebut hingga mampu tepat dengan musik yang mengiringinya. Banyak lagu lagu lama yang di aransemen lagi oleh penyanyi terhadap sekarang ini dengan memainkan aransemen lebih moderen dari aransemen penyanyi aslinya.

Membuat aransemen tentu saja tidak mampu sendirian, tapi mesti dimantu dengan orang yang memainkan alat musik layaknya Gitar, Bass, Drum, dan Piano.

Kesimpulan.. .
Dengan berupaya dan berdoa tentu teman baik mampu menguasai dalam menciptakan lagu sendiri, pastinya seluruh tentu ada prosesnya dalam jangka selagi yang tidak sebentar.

Demikian ulasan berkenaan tahapan tahapan membuat lagu sendiri, kecuali ada kritik dan arahan silahkan komentar dibawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *