Cara Memilih Smartphone Sesuai kebutuhan Anda

Diposting pada

Di era globalisasi yang sangat modern. Siapa yang tidak tau barang yang satu ini? Ya tempat sekali, Smartphone. Salah satu ponsel pintar yang hampir setiap orang punya pada zaman sekarang. Smartphone merupakan salah satu kebutuhan masyarakat modern saat ini yang akan menunjang aktifitasnya. Bukan hanya untuk komunikasi saja tapi telah berkembang menjadi alat dengan fungsi lainnya, seperti untuk media hiburan, berbisnis dan lain lain.
Kebutuhan ini begitu diperhatikan oleh perusahaan elektronik sehingga bermunculan banyak berbagai merek-merek smartphone. Semakin majunya teknologi informasi dan taraf hidup masyarakat mengakibatkan semakin meningkatnya tuntutan masyarakat terhadap kualitas pelayanan dan produk yang digunakan. Kebutuhan smartphone telah menjadi kebutuhan gaya hidup yang dianggap penting bagi sebagian masyarakat modern saat ini. Fenomena tersebut mendukung munculnya banyak smartphone yang menawarkan produknya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan teknologi dalam hal berkomunikasi.
Permasalahannya kita pasti dibingungkan dengan pilihan berbagai macam tipe, merk, spesifikasi dan jenis hp yang canggih mulai dari harga yang murah sampai harga yang mahal ketika ingin membeli smartphone baru maupun bekas,. Namun, pribahasa “Ada Uang Ada Kualitas” disini pasti berlaku. Jika kita membeli ponsel yang harganya tinggi seperti smartphone flagship, mungkin kita akan mendapatkan kepuasan tersendiri karena kecanggihan fitur dan kualitas yang ditawarkan pasti yang terbaik. Namun, ada kalanya tidak semua smartphone mahal itu bagus dan cocok bagi si pembeli dan penggunanya. Sebagus apapun kecanggihan sebuah smartphone akan menjadi mubazir dan tidak berguna jika tidak sesuai kebutuhan.

Daftar Harga Samsung Galaxy terbaru 2018

Lalu bagaimana cara memilih Smarpthone yang cocok untuk anda

1. Processing power, battery life
Yang paling utama dan yang harus diperhatikan dalam memilih smartphone android yaitu prosesor yang digunakan. Pilih prosesor dengan merk ternama seperti Qualcomm Snapdragon, Exynos, Nvidia Tegra jika anda memiliki budget yang tinggi. Jika sebaliknya, anda dapat memilih prosesor dengan merk mediatek (MTK) atau Intel. Pilihlah seri tertinggi dari chipset yang anda pilih, contohnya, jika di qualcomm snapdragon untuk kelas low device biasanya menggunakan seri 200 dan 400, untuk kelas mid (menengah) biasanya menggunakan seri 600 dan untuk kelas flagship atau tertinggi biasanya memakai seri 800.
Untuk pengguna bisnis, masa pakai baterai dapat menjadi spesifikasi make or break. Saat melihat ponsel, sebaiknya bandingkan masa pakai baterai yang diklaim diterbitkan penjual ponsel ke masa pakai baterai yang meninjau situs web yang telah direkam untuk ponsel. Pilihlah baterai berkapasitas besar, minimal 2500 mAh. Jika anda seorang gamers atau kaum sosialita berat tentu itu tidak akan cukup untuk menunjang aktifitas seharian. Lebih baik lagi jika memilih baterai dengan kapasitas diatas 3000 mAh bahkan lebih baik lagi jika diatas 4000 mAh.
2. Sistem Operasi
Faktor lainya yang tidak kalah penting yaitu pemilihan sistem operasi (Operating System). Tanpa OS, Smartphone tidak akan dapat berjalan dan berfungsi. Sebagai info, Android merupakan OS yang paling banyak digunakan saat ini. Maka tak heran jika Android memiliki banyak versi dan varian.
3. Kamera
Jangan berpatokan ke ukuran megapixel yang besar. Contoh kasus kenapa S7 yang 12 MP lebih baik dari S6 yang 16 MP? Tentu itu karena S7 dilengkapi teknologi dual pixel dan sensor yang lebih baik. Meskipun megapixel yang besar kita dapat menghasilkan gambar yang tajam dan tidak blur ketika di zoom.
Pilih sensor yang mumpuni. Untuk Android kelas High End biasanya menggunakan sensor yang sangat memukau dalam pengambilan gambar. Hasil yang didapat tentu akan memuaskan. Lihat spesifikasi lensanya, sebagai contoh seperti 1/2.5″ sensor size, 1.4 ┬Ám pixel siz.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *