Jenis – Jenis Cat

Diposting pada

Cat Tahan Panas – Cat adalah campuran zat padat yang dikemas dalam wujud cair. Fungsinya untuk melindungi dan memperindah permukaan substrat. Berdasarkan bahan pencampurnya, secara garis besar cat tersedia 2 macam yaitu:

• Cat water-base , cat yang berbahan basic air agar untuk melarutkannya hanya memerlukan air. Cat bersama dengan bahan basic air tidak menghasilkan dampak kimia yang tinggi dalam larutan cat agar cat ini ramah lingkungan. Contohnya, cat tembok, cat genteng, atau cat lukis.
• Cat solvent-base, cat yang bisa dilarutkan bersama dengan sejenis minyak / thinner. Cat ini hanya diaplikasikan sebagai cat kayu dan besi, dan cat untuk kepentingan industri, otomotif, dan furnitur.
Sedangkan, berdasarkan lokasi aplikasinya, cat kebanyakan dibedakan menjadi:

Cat interior , pada kebanyakan segala tipe cat bisa diaplikasikan pada bidang-bidang yang terdapat di dalam bangunan, dikarenakan relatif tidak terlalu banyak mendapat masalah panas dan kelembaban.

Cat eksterior , pada aplikasi eksterior diperlukan cat bersama dengan mutu yang lebih baik daripada interior. Wajar saja, dikarenakan cat di bidang-bidang eksterior menghadapi paparan segera cahaya matahari, air hujan, kelembaban. Karena kita berada di iklim tropis, bidang tembok yang lembab adalah daerah yang terlalu disukai oleh lumut dan jamur untuk tumbuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *