Tendangan gawang dan Tendangan sudut

Diposting pada

Tendangan gawang

Tendangan gawang (bahasa inggris:Goal kick) adalah metode tendangan yang dikerjakan berasal dari tempat di dalam penalti pada permainan resmi sepak bola yang disebabkan kontak bola terakhir pada pemain lawan sebelum saat melewati garis gawang luar, tidak serupa dengan sebuah gol yang melewati garis gawang dalam. Apabila berlangsung kontak terakhir bola pada pemain sendiri sebelum saat melewati garis gawang luar, maka tendangan sudut yang diberikan. Ketika tendangan ini dilakukan, pemain lawan kudu di luar tempat penalti. Sebuah gol bisa dikerjakan secara segera berasal dari tendangan gawang namun tidak berlaku untuk gol bunuh diri. Offside tidak berlaku kalau pemain mendapat umpan berasal dari tendangan ini.

Tendangan sudut

Tendangan sudut atau sepak pojok (bahasa inggris:Corner kick) adalah metode tendangan pada tidak benar satu segi pojok lapangan di dalam laga sepak bola. Metode ini berasal dari Aturan Sheffield tahun 1867 dan diterapkan secara resmi oleh federasi The FA pada 17 Februari 1872.

Lihat Juga : Yalla Shoot

Sebuah tendangan sudut diberikan kepada tim menyerang selagi bola meninggalkan tempat permainan sehabis berlangsung kontak terakhir pada pemain lawan. Tendangan ini diambil berasal dari sudut-sudut lapangan permainan paling dekat dimana bola melewati garis gawang. Tendangan sudut dianggap jadi peluang mencetak gol untuk tim penyerang, meskipun tidak sebaik tendangan penalti atau tendangan bebas langsung di dekat pinggir tempat penalti. Seorang asisten wasit dapat pertanda bahwa tendangan sudut kudu diberikan dengan terutama dahulu mengangkat bendera, sesudah itu menggunakannya untuk menunjuk di tempat sudut pada lapangan.

Tendangan sudut yang dikerjakan seorang pemain.
Gol bisa dihasilkan secara segera melalui tendangan sudut kecuali penendang memiliki perhitungan akurat perihal penempatan bola atau aspek angin memadai kuat bertiup ke arah gawang. Jenis gol ini dijuluki sebagai gol ‘Olimpiade atau tendangan Olimpiade, atau gol olímpico di Amerika Latin. Julukan ini dikenal sejak 2 Oktober 1924 di dalam Argentina melawan Uruguay dimana Cesareo Onzari mencetak gol berasal dari tendangan sudut. Pada selagi itu Argentina baru saja memenangkan gelar Olimpiade 1924. Pesepak bola Portugal João Morais mencetak gol berasal dari tendangan pojok segera bagi Sporting Lisbon pada final European Cup Winners’ Cup 1964, yang jadi penentu gelar juara.

Pemegang Rekor Dunia untuk gol terbanyak melalui tendangan sudut segera adalah pemain Turki bernama Sukru Gülesin, selama kariernya ia mencetak 32 gol secara akurat berasal dari tendangan sudut. Pada th. 1950, Gülesin tercatat di Guinness Book of Records sebagai top-skorer corner kicks dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *