Tipe-Tipe Cat

Diposting pada

The three different types of modeling paint:

Untuk kita modelers ada tiga tipe cat berlainan yang digunakan,lacquer, enamel dan acrylic.Tentu saja ada banyak tipe lainnya seperti polyurethanes dan whatnot,tetapi tipe-tipe selanjutnya tidak banyak digunakan sebab beragam alasan.

Lacquer – Cat lacquer menggunakan solvent organik sebagai pengencernya.Solvent organik amat berbahaya.Cat lacquer memiliki bau yang paling menyengat diantara tipe cat lainnya.Cat ini terhitung paling cepat merusak bodi tipe kit anda.Seseorang berbicara bahan kimia selanjutnya diklasifikasikan terhadap kelas yang sama bersama gas syaraf.Solventorganik terhitung ditemukan di lem untuk model,zat yang melelehkan plastik antara dua bagian dan memastikan ikatan yang kuat.

Itu bagian buruknya.Hal baiknya adalah,karena solvent organik ini amat enteng menguap,cat lacquer merupakan yang paling enteng kering diantara ketiga tipe cat.Selain itu sebab cat lacquer merupakan campuran banyak sekali bahan kimia,pigment dan carrier-nya amat tangguh sehingga menempel erat di permukaan tipe kit dan dapat dipoles bersama baik.Cat lacquer juga dapat masuk ke celah kecil dan sempit sehingga amat baik untuk mengecat bagian teliti berasal dari tipe kit.

Cat semprot Tamiya,cat semprot Duplicolor,cat semprot Plastikote,Gunze Sangyo Mr. Color,semua itu merupakan cat lacquer.Thinner khusus lacquer digunakan untuk mengencerkan cat lacquer.Thinner cat lacquer bisa apa saja, contohnya:thinner dari produsen cat (Mr. Color Thinner,contohnya),thinner cat lacquer dari toko hardware,Xylene,Toulene,Methyl Ethyl Ketone,aceton adalah sebagian diantaranya.Aceton kemungkinan yang paling jahat diantara seutuhnya sebab dapat melelehkan nyaris seluruh primer dari lacquer.

Yang membawa saya kepada poin penting lain.Anda harus manfaatkan primer yang cocok sebelum saat mengaplikasikan cat lacquer! Dengan menggunakan lacquer primer yang sesuai.Ingat kajian di atas,soal solventdalam cat sama dengan solvent dalam lem plastik untuk tipe kit anda?Anda dapat melelehkan tipe kit andaikan menyemprotkan amat banyak cat lacquer.Produsen cat mendesainnya sedemikian rupa.Sehingga lacquer yang baik dapat menghambat perihal ini terjadi,karena carrier dan pigment dari cat primernya membentuk ikatan yang kuat dan tidak enteng larut oleh cat lacquer di atasnya.Beberapa semisal primer yang cocok adalah Tamiya primer,Duplicolorprimer,Plastikote primer,Gunze Sangyo Mr. Surfacer.
Primer lacquer itu sendiri kebanyakan tidak lumayan berbahaya sehingga melelehkan plastik.Pastikan kamu melaksanakan misting diawal!

Lihat Juga : Cat Kolam Renang

Enamel – Cat enamel menurut saya udah ketinggalan jaman. Cat enamel menggunakan solvent yang berasal berasal dari mineral dan turunan bensin, lama sekali mengering. Cat enamel juga condong membuahkan susunan tebal dan ‘lari’ berasal dari permukaaan bersama enteng (hasil semprotan cat meluncur ke bawah dan merusak pengecatan anda). Cat enamel butuh pas berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan untuk mengering sepenuhnya. Permukaan tipe kit yang dicat dengan enamel bahkan condong lebih lembek andaikan dibandingkan cat lacquer. Tetapi mereka dapat dipoles bersama baik pas amat kering.

Bagian baiknya adalah cat enamel tidak amat berbahaya. Bensin tidak merusak plastik. Testor memproduksi cat enamel dalam beragam pilihan warna. Cat enamel sebenarnya lumayan baik andaikan diaplikasikan bersama kuas sebab lebih kental dan lebih lama mongering dibanding lacquer atau acrylic. Memberikan kamu pas untuk menyapukan kuas lebih lama untuk membuahkan permukaan cat yang baik. Cat enamel mengikuti arah sapuan kuas anda, berlainan dengan acrylic yang meluncur ke segala arah dan tidak rata keringnya.

Cat enamel diencerkan bersama mineral dan lacquer thinner yang udah disebutkan di atas, disamping dengan thinner yang dianjurkan produsen cat. Cat enamel diantaranya: Testors, Testors Model Masters, and Humbrol. Tamiya juga memproses cat enamel yang cuma dijual di kawasan Asia.

Acrylic – Cat terbaik kalau untuk pengecatan bodi. Acrylic dideskripsikan sebagai ‘water-soluble’ karena dapat diencerkan bersama air, namun terhadap sebagian bagian yang membandel, kamu dapat manfaatkan alcohol. Ada banya keunggulan, pertama alcohol tidak amat berbahaya. Kedua, mengering bersama cepat. Coba tuangkan alcohol 70% ke tangan dan menyaksikan betapa cepatnya menguap. Bisa merasakan sensai dinginnya? Itu sebab pas menguap, alcohol membawa dan juga panas tubuh – seperti keringat.

Kedua, acrylic mengering bersama cepat. Sama seperti cat lacquer tapi tanpa efek berbahaya. Setela diaplikasikan, parts yang udah dicat dengan acrylic dapat dipegang sehabis sebagian jam. Hati-hati bersama sidik jari sebab walaupun kering, masih amat lembek.

Ketiga, acrylic mudah dibersihkan andaikan kamu manfaatkan airbrush. Setelah mengecat bersama cat acrylic, kamu dapat bersihkan gun bersama pembersih jendela, alcohol bahkan air.

Bagian buruk berasal dari cat acrylic adalah seringkali hasilnya tidak bagus pas dipoles. Pigment dan carrier cat acrylicmembutuhkan pas lama untuk crosslink/saling terkait, dan tidak menempel begitu bagus bersama tipe kit. Bila kamu mengecat dengan acrylic, lapisi ulang dengan clearcoat berbahan enamel atau lacquer agar dapat dipoles bersama baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *